Sarana Prasarana Pendukung Kegiatan Siswa SMAN 1 MUARA ENIM

Siswa SMAN 1 Muara Enim menghabiskan lebih dari 10 jam di sekolah,  dari Senin hingga Jumat. Padatnya jadwal siswa ini tentu saja diimbangi dengan sarana dan prasarana pendukung kegiatan siswa baik kegiatan KBM maupun di luar KBM. 

Untuk pendukung kegiatan akademik,  Smansa memiliki Laboratorium Fisika,  Laboratorium Biologi,  Laboratorium Kimia,  Laboratorium Komputer,  dan Laboratorium Bahasa. 

Kegiatan eskul yang diadakan setiap jumat siang juga didukung berbagai fasilitas,  yaitu lapangan basket,  lapangan voli,  lapangan bulutangkis,  dan tenis meja. Untuk kegiatan organisasi, masing-masing organisasi telah memiliki ruang masing-masing,  ruang Paskibra,  KIR, PIK-R,  PMR,  Karimatha,  Pramuka, dan Green House untuk LAMPEA (Pecinta Alam). 

Untuk mendukung kegiatan kerohanian, SMANSA telah memiliki sebuah masjid,  dan sebuah ruangan untuk siswa yang beragama kristiani. 

Selaras dengan kegiatan Belajar Malam yang diadakan di sekolah ba'da Isya, disediakan juga Asrama bagi siswa,  Asrama Putra yang dinamai Ki Hajar Dewantara (KD),  dan Asrama Putri yang dinamai Kartini (KT). Para anggota asrama juga difasilitasi dapur dan ruang makan yang berada di samping Gedung Serbaguna.

Selanjutnya,  yang dapat menambah kenyamanan siswa SMAN 1 Unggulan Muara Enim adalah jajaran kantin, yang menjual bergam makanan sehat. Dengan demikian para siswa tak perlu khawatir dan takut perut mereka keroncongan ketika sedang belajar. 

Berbagai sarana dan prasarana ini diharapkan dapat mengoptimalkan proses belajar siswa. Dengan fasilitas pendukung yang mumpuni, siswa dapat merasa nyaman dan aman di sekolah sehingga dapat meyerap ilmu dan pengetahuan dengan maksimal.