SMA NEGERI 1 MUARA ENIM MENGADAKAN WORKSHOP SMA RUJUKAN

Rabu (28/9) kemarin, SMA Negeri 1 Unggulan Muara Enim mengadakan workshop SMA Rujukan dengan Narasumber Pak I Gede Mandera, Instruktur Nasional Kurikulum 2013 Provinsi Sumatera Selatan.

 

Kegiatan Workshop yang berlangsung mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00 ini diikuti oleh semua guru. Terdapat tiga topik utama yang disajikan, yaitu: (1) Impementasi E-Raport Kurikulum 2013, (2) Pengembangan soal HOTS (High Order Thinking Skills), (3) Penggunaan soal berbasis Aplikasi. Pelaksanaan Workshop ini dalam rangka menjalankan program SMA Rujukan, Peningkatan Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan.

 

Pak Gede menuturkan bahwa Kurikulum 2013 yang terus mengalami perubahan adalah semata-mata untuk mencari yang terbaik. Terkait soal HOTS, dipaparkan bahwa tingkat berpikir tingkat tinggi siswa perlu dilatih, sehingga siswa akan terbiasa untuk melakukan pemecahan masalah dengan menggunakan tingkat kognitif C4 Menganalisis, C5 Mengevaluasi, dan C6 Mencipta. PISA (Program Internationa Student Assament) memberikan hasil bahwa siswa Indonesia hanya mampu menyelesaikan soal berpikir tingkat rendah saja, untuk itulah peran guru sangat diperlukan untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

 

Pemateri selanjutnya, Pak Wahyu Wardian, menjabarkan tentang penggunaan soal berbasis aplikasi. Dengan bantuan Aplikasi komputer, pembuatan dan penyajian soal dapat lebih atraktif dan interaktif.

BERITA TERKAIT : Kegiatan Sekolah