admin@sman1me.sch.id +62 734 421101

Silaturahmi Kepala Dinas Provinsi ke SMAN 1 Unggulan Muara Enim

Jumat (20/11) Kegiatan senam menjadi salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan para guru SMAN 1 Muara Enim. Pada kesempatan kali ini SMAN 1 Muara Enim kedatangan tamu dari Diknas Pendidikan Provinsi yaitu Kepala Dinas Pendidikan Bidang SMA Bapak Masherdata Musa'i, S.H., M.Si. dan Kepala Dinas Bidang SMA seksi Kurikulum yakni Bapak Dr. H. Parmin, M.M. Tujuan utama kedatangan Kepala Dinas Provinsi Bidang SMA Provinsi Sumsel adalah untuk bersilaturahmi dan melihat secara langsung kondisi sekolah yang memang sudah seharusnya ada berkesinambungan antara pihak dinas dan sekolah.

Dalam kesempatan itu Bapak Masherdata Musa'i, S.H., M.Si. selaku Kepala Dinas Bidang SMA menyampaikan tentunya selalu ada permasalahan yang sering dijumpai di sekolah seperti guru maupun siswa tidak jarang berasal dari internal. Seorang guru sebagai seorang pendidik harus senantiasa memperbaiki niat mengajar semata-mata ibadah supaya menjadi guru yang professional, bekerja sama dengan baik antar sesama untuk mewujudkan sekolah yang berkualitas, juga tertib dalam segala hal dan tidak bertentangan dengan hukum. Beliau berpesan untuk para guru pandai menyiasati kondisi yang ada khususnya di masa Covid-19 dan tidak memberatkan siswa khususnya dalam pengadaan buku.

Bapak Dr. H. Parmin, M.M selaku Kepala Dinas Bidang SMA seksi kurikulum juga menyampaikan terkait Asesmen Nasional. Ia menegaskan bahwasanya Asesmen Nasional bukan penilaian pengganti Ujian Nasional akan tetapi, penilaian ini terdiri dari Asesmen Kompetensi Minumum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Penilaian ini merupakan pengembangan nilai spiritual, sikap yang harus diutamakan. Dengan begitu, dampak perubahan dalam penilaian ini adalah mengharuskan untuk pro aktif melakukan sosialiasasi dan giat mengajak narasumber untuk merubah paradigma tentang pengajaran. Memfokuskan kegiatan KBM di kelas dengan memperhatikan kemampuan akademik, non akademik, dan memfasilitasi siswa sehingga guru harus rajin membaca supaya bisa menjadi model bagi siswa. Pada Bulan Maret 2021 akan diadakan simulasi Asesmen Nasional dari kelas XI yang berjumlah 45 siswa ditambah 5 siswa sebagai cadangan. Dalam Asesmen Nasional guru juga berperan dalam penilaian Survei Lingkungan Belajar.

Kepala Sekolah SMAN 1 Muara Enim Dra. Ritta Riana, M. M.  juga menyampaikan adanya rencana New Normal di Semester 2. Hal itu ditanggapi Kepala Dinas Bidang SMA untuk dilaksanakan dengan memerhatikan protokol kesehatan dan memastikan izin dari Gugus Covid-19 setempat juga persetujuan orang tua/wali jika memang akan dilaksanakan pembelajaran tatap muka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


BERITA TERKAIT : Berita