Selamat Datang di Situs Resmi SMA Negeri 1 Muara Enim | Visi : Unggul dalam Mutu, Akhlaq, Sadar Lingkungan dan Berwawasan Global | Misi : 1. Melaksanakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, inovatif dan menyenangkan; 2. Menumbuhkan semangat keunggulan dan disiplin; 3. Menumbuhkembangkan pengamalan agama; 4. Mendorong siswa berprestasi dibidang ekstrakurikuler; 5. Melaksanakan English Day dan English Speaking Area; 6. Memahirkan penggunaan Information Communication Technology (ICT); 7. Menumbuhkan sikap sadar lingkungan bagi seluruh warga sekolah; 8. Membudayakan hidup bersih, sehat cinta lingkungan sekolah dan masyarakat; 9. Mencegah pencemaran dan kerusakan lingkungan.

Merubah Sejarah, Tim Putri Tembesu SMANSA Meraih First Champion Thropy d DBL 2021 South Sumatera Series

by Super User - 92 Viewer
IMG

Perhelatan DBL musim ke 17 tahun ini sangat berbeda dari musim-musim sebelumnya, sebab diselenggarakan dalam situasi pandemi Covid-19. Liga basket pelajar terbesar se-Indonesia ini resmi diselenggarakan pada 5-9 Maret 2021 di GOR Dempo Jakabaring Sport City, Palembang. Tentunya perhelatan ini dilakukan dengan protokol kesehatan (prokes) yang sangat ketat. Mulai dari aturan penggunaan masker, penerapan jaga jarak antar pastisipan hingga melakukan tracing di sekitar area dengan swab test termasuk para pemain, ofisial, dan pelatih. 

SMAN 1 Muara Enim seperti biasa mengirimkan perwakilan untuk tim basket putra, putri dan tim dance untuk mengikuti DBL Competition 2021. Tim basket SMAN 1 Muara Enim atau dijuluki dengan sebutan Tembesu Basketball. Julukan ini diangkat dari pohon tembesu yang banyak dijumpai di sekitar lingkungan sekolah yang harapannya memiliki filosofi seperti layaknya pohon tembesu menjadikan tim basket kokoh dan kuat dalam setiap kompetisinya. Benar saja julukan ini membawa keberhasilan dan menggambarkan kerja keras tim basket SMANSA. 

Tim basket putra putri  di bawah asuhan coach Rachmad Putra telah berpartisipasi dengan sangat maksimal. Tak tanggung-tanggung tim basket putri berhasil merebut gelar juara dalam final melawan SMAN 11 Palembang pada 9 Maret 2021 yang sebelumnya berhasil menyingkirkan juara bertahan selama dua musim terakhir yakni SMAN 2 Lahat dalam semifinal putri. Tim basket putri juga membuktikan dan mempertahankan gelar sebagai tim asal luar kota pelembang yang selalu mendominasi dan meraih trofi sejak musim pertama 2008.  Sayangnya, tim basket putra terpaksa terhenti langkahnya pada semi final saat melawan SMAN 1 Palembang walaupun pada proses pertandingan, tim basket putra sudah berjuang dengan maksimal dan sempat memangkas ketertinggalan namun tetap harus berbesar hati menerima kekalahan atas Smansa Palembang. 

Tak sampai disitu, tim dance SMANSA yang mengusung tema Mulan juga masuk dalam Best Five Dance Competition South Sumatera Series 2021. Mereka menjadi satu-satunya peserta dari luar kota Palembang  yang berhasil menjadi top five DBL Dance Competition. Tentunya keberhasilan itu diperoleh atas perencanaan koreo, dan  latihan yang sangat maksimal. 

Sekali lagi selamat kepada tim basket putri yang berhasil meraih Champion DBL 2021 pada musim ini, dan tim basket putra yang telah berjuang sampai akhir semi final. Semoga musim depan mampu mempertahannkan gelar juara dan keberhasilan berpihak pada tim basket putra pada DBL Competition South Sumatera pada musim yang akan datang.